Kumpulan Tutorial Ngeblog

Kumpulan Tutorial Ngeblog

Kumpulan arsip-arsip tutorial bloging

Bikin Kotak Kometar Haloscan

Sebelum baca artikel ini disarankan untuk membaca YANG INI dulu.
Comments Box atau Kotak Komentar berfungsi untuk memberikan komentar terhadap isi dari suatu artikel dalam sebuah weblog. Kalau di Wordpress.com mahhh,.,. kotak komentar langsung muncul tepat di bawah artikel. Namun beda lagi kalau di Blogspot/Blogger, kotak komentar dilayanan blog ini hanya berupa link doank,.,!!! , trus baru muncul kotak komentar kalo udah di klik, hal ini ngebikin para komentator sedikit enggan untuk berkomentar karena merasa malas untuk membuka window baru yang tentu saja akan memerlukan sedikit waktu untuk membukanya. Sehingga para pengguna layanan Blogspot lebih sedikit menerima komentar dibanding dengan para pengguna layanan Wordpress.
WARNING : KARENA BANYAK BLOGGER YANG GAGAL MENGGUNAKAN TRIK INI DAN JUGA ADA YANG KEHILANGAN POSTINGNYA, JADI ANDA HARUS MEMBACKUP DULU TEMPLATE ANDA. YANG GAGAL MEMAKAI INI MUNGKIN KARENA ADANYA KETIDAKCOCOKAN DENGAN TEMPLATE YANG DIGUNAKAN. JIKA TERJADI HAL-HAL YANG TIDAK DIINGIINGINKAN SEGERA KEMBALIKAN TEMPLATE ANDA YANG LAMA. TAPI BANYAK JUGA KOK YANG BERHASIL, SEMOGA BERUNTUNG
Tapi bagi kamu yang memakai layanan Blogspot tidakperlu khawatir lagi karena trik berikut ini akan mengulas bagaimana caranya menambahkan kotak komentar atau comments box sehingga menjadi kotak komentar yang ada di Wordpress yaitu persis berada dibawah artikel caranya adalah dengan menggunakan layanan di http://www.haloscan.com. Satu hal yang perlu diperhatikan sebelum kamu menggunakan layanan ini yaitu "komentar-komentar terdahulu akan hilang", jadi pikirkanlah dulu sebelum kamu memakai layanan ini. Kalau kamu sudah yakin mau menerapkannya maka berikut ini dalah caranya:
  1. Buka website http://www.haloscan.com.
  2. Daftarkan diri kamu di website tersebut.
  3. Setelah selesai lalu Login dengan username dan password yang sama dengan pada saat mendaftar.
  4. Setelah login berhasil maka akan muncul beberapa menu. Pertama-tama pilih menu setting. Didalam menu Setting ada beberapa pengaturan yang harus disi silahkan atur sesuai dengan keinginanmu. Supaya kotak komentarnya muncul dibawah postingan, ganti status "open in popup window" menjadi "off". kamudian simpan.
  5. Langkah selanjutnya yaitu pilih menu Template. Silahkan pilih mana yang kamu sukai, sebaiknya sesuaikan dengan warna blog kamu kemudian simpan.
  6. Langkah berikutnya yaitu pilih menu Install.
  7. Beri tanda pada radio button di samping tulisan Blogger or Blogspot lalu klik Tombol Next.
  8. Klik Tombol Brows , silahkan pilih file template yang sudah dibackup. Kalau belum silahkan backup dahulu.
  9. Klik tombol Upload Blogger Template.
  10. Jika sudah berhasil klik tombol Download New Template kemudian di save.
  11. Login ke Blogger/Blogspot.
  12. Pilih Template kemudian klik menu Edit HTML.
  13. Untuk Upload template klik tombol Brows. Masukkan template yang sudah didownload dari haloscan tadi lalu Upload kemudian simpan setting.
  14. Coba buka buka web blog kamu dan lihat hasilnya. Sekarang kamu sudah mempunya kotak komentar seperti yang ada di wordpress.
  15. Trus gimana caranya nampilin komen-komen terbaru biar bisa kelihatan di sidebar? caranya gampang, yiatu kembali ke haloscan trus pilih dashbord nah disitu kan ada recent comments trus dibawahnya ada link tulisannya gini "put this widget on your site" nha kamu klik link tersebut, setelah itu dibawahnya akan muncul kotak yang berisi kode. Copy kode tersebut dan pasang di blog kamu, gampang kann??
Selamat Mencoba... SEMOGA BERHASIIIIILLLLLL
READ MORE - Bikin Kotak Kometar Haloscan

Bikin Kotak Komentar di bawah Postingan

Ini adalah salah satu fasilitas dari Blogger/Blogspot. Kalau dulu hanya berupa link "Post a Comment", maka yang sekarang lain, yg sekarang kotak komentarnya langsung muncul persis dibawah postingan (seperti kotak komentar dibawah ini).

Begini nih cara membuat kotak komentar blogger yang berada dibawah postingan.
  • 1. Login ke http://draft.blogger.com, ingat bukan http://blogger.com lhoo sengihnampakgigi


  • 2. Trus ke menu Setting-->Comments. Kemudian ganti "Comment Form Placement" menjadi "Embedded below post" (lihat gambar dibawah)


  • Kemudian klik "Save Setting"
    Sekarang coba kamu lihat blogmu dan coba di klik salah satu postinganmu kemudian lihat hasilnya, apakah sudah ada kotak komentarnya yg dibawah postingan atau belum. kalau sudah berarti langkahnya cukup sampai disini saja. Kalau belum muncul, maka dengan cara menambahkan kode HTML ke template blog anda. Disarankan back up dahulu template anda, ini karena kode HTML tiap2 template itu berbeda. ikuti langkah berikut ini :
  • 3. Selanjutnya pergi ke menu "Layout-->Edit HTML"
    Beri tanda centang kotak "Expand widget templates".Trus cari kode berikut ini :


  • <p class='comment-footer'>
    <a expr:href='data:post.addCommentUrl' expr:onclick='data:post.addCommentOnclick'>
    <data:postCommentMsg/></a>
    </p>
    </b:if>


  • 4. Kemudian ganti kode tersebut dengan kode dibawah ini:

  • <p class='comment-footer'>
    <b:if cond='data:post.embedCommentForm'>
    <b:include data='post' name='comment-form'/>
    <b:else/> <b:if cond='data:post.allowComments'>
    <a expr:href='data:post.addCommentUrl' expr:onclick='data:post.addCommentOnclick'>
    <data:postCommentMsg/></a>
    </b:if> </b:if> </p> </b:if>

  • 5. Lalu simpan template kamu.
  • Sekarang lihat hasilnya, coba kamu klik salah satu postingan kamu, maka dibawahnya akan muncul kotak komentar seperti punyaku ini (Bagi yang berhasil).
    READ MORE - Bikin Kotak Komentar di bawah Postingan

    Cara Bikin Read More

    Wahhh,.,. udah banyak ni yang bikin tutorial read more atau baca selengkapnya,.,.Dan ini merupakan salah satunya dari sekian banyak tutorial read more.sengihnampakgigi
    caranya :
    • Login dulu keblogger, nah setelah login kan masuk di menu dasbor.
    • Klik tata letak, trus pilih edit HTML, cek list/centang expand widget.
    • Sekedar tambahan sebelum mengedit template alangkah lebih baiknya template di backup terlebih dahulu.kenyit
    • Copy-paste kode berikut di bawah tag </head> atau tepatnya diatas kode } ]]></b:skin>

    <style>
    <b:if cond='data:blog.pageType == "item"'>
    span.fullpost {display:inline;}
    <b:else/>
    span.fullpost {display:none;}
    </b:if>
    </style>


    • Kemudian cari kode <p><data:post.body/></p>gimana udah ketemu kan?? selanjutnya copy-paste kode berikut tepat dibawahya.

    • <b:if cond='data:blog.pageType != "item"'>
      <a expr:href='data:post.url'> Read More..</a>
      </b:if>

      Catatan : kata read more bisa diganti dengan baca selengkapnya atau terserah deh.
    • Trus setiap kali posting masuk edit HTML, masukan kode berikut
      <span class="fullpost">dibawah posting yang akan dipotong, dan kode </span>di akhir postingan.
    contoh :
    Ini adalah awal berita yang ingin saya potong karena terlalu panjang
    kalo postingan muncul semua, oleh karena itu saya perlu memotong berita
    sampai disini saja.<span class="fullpost"> Dan ini adalah sisa postingan saya yang akan saya sembunyikan dan hanya muncul
    pada saat post page atau link read more.. diklik </span>

    Dan ini Hasilnya :
    Ini adalah awal berita yang ingin saya potong karena terlalu panjang
    kalo postingan muncul semua, oleh karena itu saya perlu memotong berita
    sampai disini saja Read More...

    Selamat mencoba he he he sengihnampakgigi.
    READ MORE - Cara Bikin Read More

    Cara Bikin Postingan

    Jika sudah berhasil membuat blog, maka langkah selanjutnya adalah mengisi Blog dengan Tulisan atau Artikel. Ini merupakan pekerjaan dan tujuan utama kita Ngeblog. Coz...tujuan utama dari Ngeblogkan buat mengisinya dengan berbagai tulisan atau gambar and terserah deh sengihnampakgigi.


    Eh jangan lupa siapin minuman minum dan camilan ...kalo perlu sambil dengerin musik :music: seperti aku klo lagi ngeblog ga ga ga gelakguling. Ntar kan mau nulis artikel, biar kga' kelaperan. Kan kalo kelaperan konsentrasi bisa buyar... ga ga ga gelakguling.Berikut langkah-langkahnya :


    Login Ke Blogspot


    Pertama kita login dulu ke Blogspot, berikut ini cara login ke Blogspot klik disini untuk masuk, Nah thu kan ada kotak dialog :



    Username: diisi dengan alamat email saat mendaftar di bloger.

    Password: password pada saat mendaftar.

    Remember me cek list(centang) jika ingin mengingat username dan password pada PC.


    Klik pada tombol SIGN IN yang akan dibawa menuju Form atau layar Dashboard. Dashboard thu panel buat mengakses berbagai fungsi yang mengatur segala sesuatu yang berhubungan dengan blog seperti Post, Settings, dan Layout.

    Bikin Posting di Blogspot

    Dari Dashboard Blogspot ini kita bisa mulai membuat artikel klik new post untuk membuat artikel. Atau bisa dilihat pada gambar ini, O iya jangan lupa berdoa doa biar lancar .he he he sengihnampakgigisengihnampakgigisengihnampakgigi

    Buat bikin artikel di Blogspot selain menggunakan editor ini, kita juga bisa menggunakan berbagai tools lain yang dibuat oleh pihak ketiga, pada pronsipnya semua tools ini sama. Beberapa tools yang biasa digunakan adalah BlogJet, MS FrontPage, ScribeFire.

    Mengenai cara penggunaan editor Blogspot ini, untuk lebih jelasnya bisa Kamu baca pada artikel Cara Penggunaan Editor Blogspot.

    READ MORE - Cara Bikin Postingan

    Cara Bikin Blog di Bloger

    Bagi bloger pemula emang enaknya ngeblog lewat blogger. Selain settingannya yang mudah, bloger juga mudah dipahami gitu...!!!peaceBlogger adalah salah satu fasilitas dari Google yang disediakan secara gratis untuk membuat blog, Blogger biasa dikenal juga dengan nama Blogspot. Blogger merupakan salah satu platform dari sekian banyak platform untuk membuat blog. untuk membuat blog di bloger harus menggunakan acount Gmail klik disini untuk daftar Gmail. Kalo udah punya acount Gmail sekarang siap-siap buat ngeblog...Oke..!!!

    Disini kita akan membahas cara mendaftarkan diri di Blogger atau Blogspot, dan bagaimana membuat blog dari Google atau Blogspot ini. Yang pertama kali harus dilakukan adalah Klik pada masuk alamat Bloger klik disini untuk masuk.
    Selanjutnya klik pada Image seperti Gambar dibawah ini, dan kita akan dibawa menuju Form Pendaftaran yang harus diisi

    Cara Mengisi Form Pendaftaran

    Berikut penjelasan mengenai Form ini:

    • Email address - isilah dengan alamat email yang dimiliki, jika belum mempunyainya maka kita bisa membuatnya nanti.

    • Enter a password - isi dengan password yang dikehendaki.

    • Retype password - ulangani password yang diisi tadi.

    • Display name - nama yang akan ditampilkan pada hasil postingan.

    • Word Verification - isikan sesuai dengan huruf yang terlihat pada gambar.

    • Acceptance of Term - klik pada check box yang bertuliskan I accept the Terms of Service, dengan mengklik ini berarti kamu seutju untuk mematuhi semua aturan yang tertera pad Term of Service, apa saja peraturannya ? kita dapat membacanya dengan cara mengklik pada link tersebut.

    Jika semua suda diisi, lalu klik pada gambar panah seperti yang terlihat disini.

    Jika semua berjalan lancar dan semua sudah diisi dengan benar, maka kita akan dibawa menuju Form Penamaan Blog seperti terlihat dibawah ini :

    Penjelasan :
    • Blog title - ini merupakan judul dari Blog kamu nantinya, kamu dapat mengisinya sesuai dengan selera. Kamu juga bisa mengubahnya nanti bila dibutuhkan.

    • Blog adderss (URL) - ini akan menjadi alamat dari Blog kamu nantinya, misalnya kamu isi dengan "blogku" maka alamat blog kamu nantinya menjadi : Http://blogku.blogspot.com, klik pada link yang bertuliskan Check Avalability untuk memeriksa apakah alamat tersebut sudah ada yang menggunakannya.

      Jika menampilkan tulisan This blog address is available, berarti alamat tersebut bisa kamu gunakan. Jika menampilkan tulisan Sorry, this blog address is not available berarti kamu harus mengganti dan mencari nama lain untuk alamat blog, isi dengan nama lain lalu klik lagi link Check Avalability untuk memeriksa.

    • Advance setup - kamu tidak perlu menghiraukan yang ini.

    Memilih Template

    Jika sudah menemukan alamat yang bisa digunakan, klik pada tanda panah yang bertuliskan COTINUE. Lalu kita akan dibawa menuju layar pemilihan Template. Apa itu Template ? yaitu design tampilan blog kita nantinya.

    Kita dapat memilih sesuai dengan selera, kita juga dapat mengubahnya nanti bila dirasa perlu. Klik pada gambar panah yang betuliskan CONTINUE jika sudah menemukan Template yang cocok.

    Maka proses pembuatan blog kita di Blogspot telah selesai, Blog yang baru kita buat sudah bisa digunakan. Kita bisa mulai mengisinya dengan Artikel atau biasa disebut juga Posting. Terserah mau Kita isi dengan Artikel tentang apa.

    Bisa mengenai kehidupan sehari-hari atau membahas topik-topik tertentu, so... ter serah kamu aja deh babai. Untuk mulai membuat artikel klik pada tanda panah bertuliskan START POSTING.

    READ MORE - Cara Bikin Blog di Bloger

    Other Post



      Update Status & Buku  Tamu  


    Masukkan email anda untuk berlangganan tips, trik, tutorial seputar bloging, adsense, SEO, make money online

    Enter your email address:

    Delivered by FeedBurner